Blog
5 Tips Membuat Copywriting Menarik
- March 11, 2022
- Posted by: Zsalsa Azzahra Maha
- Category: Tips
Copywritng adalah ilmu merangkai kata-kata hinga menjadi suatu materi yang menjual. Copywriting yang hebat dan tepat sasaran akan mebuat orang tertarik dan ingin membeli produk yang ditawarkan. Copywriting adalah suatu “call-to-action”. Berikut 5 tips membuat copywriting menarik yang kamu bisa ikuti.
1. Utamakan Pembaca
Coba berdiri di posisi pembaca:
- Apakah tulisanmu gampang dipahami?
- Apakah pembaca akan beli produkmu?
- Apa saja yang disukai pembaca?
Menempatkan diri pada posisi sebagai pembaca bikin menulis copy jadi lebih mudah. Apa saja sih informasi yang sekiranya kamu butuhkan sebelum menyusun copywriting deskripsi produk yang akan dipasarkan.
-
- Tujuan produk tersebut hadir untuk konsumen
- Keunggulan yang ada pada produk
- Harga yang sesuai dengan kantong target audiens
- Manfaat yang bisa didapat dengan produk tersebut
- Keunggulan produk jika dibandingkan dengan berbagai produk kompetitor
- Hal-hal spesial dan unik dari bisnis kamu, misalnya penghargaan yang pernah diraih selama puluhan tahun, sejarah bisnis turun-temurun yang masih bertahan hingga saat ini
- Garansi yang bisa dicoba target audiens, misalnya percobaan gratis selama 7 hari
- Prospek secara demografis (gender, usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, pendapatan, status ekonomi), geografis (perkotaan atau pedalaman), gaya hidup, minat, dan perilaku target audiens
- Objektif dari produk tersebut, seperti tahap pengenalan (awareness), interaksi (engagement), atau penjualan (conversion)
- Media yang digunakan
- Penawaran produk di waktu tertentu, seperti diskon, buy 1 get 1, hadiah
- Deadline promo yang berlaku
- Poin-poin yang perlu dan tidak perlu untuk dicantumkan dalam iklan
- Metode pemesanan & pembayaran selama produk tersebut dijual
Informasi di atas yang bersifat sebagai latar belakang biasanya akan tercantum dalam brief sebelum kamu menyusun copywriting. Nggak cuma itu, informasi bisa menjadi lebih lengkap dalam forum diskusi bersama tim. Berikut poin-poin yang bisa kamu kembangkan lagi dalam menyusun copywriting :
-
- Deskripsi produk
- Tujuan produk hadir untuk konsumen
- Harga yang ditawarkan
- Manfaat produk
- Keunggulan produk
- Garansi yang bisa dirasakan konsumen
- Prospek atau informasi target audiens berdasarkan demografis, geografis, gaya hidup, minat, dan perilaku konsumen
- Objektif produk yang dipasarkan
- Penawaran produk
- Deadline penawaran produk
- Metode pembayaran & pemesanan produk
2. Jelaskan Selling Point
Gunakan headline untuk menjelaskan “selling point” produk atau layanan yang kamu tawarkan. Teruskan pada paragraf selanjutnya. Tulis semua informasi tersusun dengan jelas dan urut. Dari headline, sub-headline, body copy, call to action (CTA).
3. Jangan Pakai Istilah Teknis
Kamu tergoda pakai istilah sangat teknis agar terlihat canggih?
Masalahnya, mungkin tak semua orang tahu artinya. Pakai saja kata-kata umum yang pasti dimengerti oleh semua orang. Copywriting yang baik adalah mengandung pesan yang nyambung dengan sudut pandang target audiens, sehingga mereka makin kenal, atau terpacu untuk membeli produk kamu.
4. Tulis dengan Gaya Friendly
Gaya bercakap yang friendly dan mengalir lebih disukai pembaca karena mudah dimengerti dan mengandung kedekatan. Pakai gaya menulis seperti bicara kepada orang yang sudah dikenal. Copywriting yang baik menggunakan sudut pandang orang kedua yang mengarah kepada target audiens, seperti menggunakan subjek “kamu”. Misalnya, “Kamu bisa nikmati hidangan sepuasnya!”, “Kamu harus coba!”.
5. Hindari Kata-Kata Sensitif
Dari pada menimbulkan masalah yang tak perlu, lebih baik pakai kata-kata netral dan tak mengandung SARA. Jauhi copywriting kamu dari hal-hal negatif, karena audiens selalu ingin lihat dan dengar sisi positif dari produk kamu. Ditambah lagi, copywriting berpengaruh kepada citra produk kamu juga.
Dari 5 tips membuat copywriting menarik diatas semoga membantu kamu membuat copywriting lebih baik lagi kedepannya.