Aturan kelompok ini harus dibuat bersama oleh setiap anggota. Setiap kesalahan tindakan harus memiliki konsekuensi. Buat aturan ini menurut kesepakatan bersama, agar tidak ada yang merasa terbebankan.Aturan dibuat agar kedisiplinan kerja tetap terjaga. Selain itu, agar tidak ada anggota yang merasa dirugikan.
Blog
Cara Mengoptimalkan Kinerja Dalam Kelompok
- July 16, 2022
- Posted by: Devina
- Category: Dunia pendidikan Tips
Kekompakan dalam sebuah kelompok jelas merupakan hal yang sangat penting. Kenapa? Karena kita semua memiliki satu tujuan yang sama. Dengan memiliki tujuan yang sama, maka seluruh anggota harus dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan optimal.
Produktivitas kinerja adalah alasan utama pentingnya membangun kekompakan antar anggota.Jika anggota kelompok memiliki komunikasi yang baik dan merasa dihargai, maka proses kerja pun akan dapat berjalan dengan lancar.Mengelola kelompok bukanlah hal yang mudah,terlebih lagi kelompok tersebut memiliki banyak anggota.
Nah jadi gimana si agar kinerja kelompok kamu menjadi optimal?
Baca juga: Tips mengatasi Rasa Gugup Saat Presentasi
1. Bisa Menyikapi Anggota Kelompok
Didalam sebuah kelompok kamu pasti bakal ketemu dengan karakter anggota yang berbeda-beda.Kamu harus bisa bekerja dengan seluruh anggota kelompokmu. Mungkin kamu harus bertemu dengan orang yang enggak tahu sama sekali bagaimana caranya bikin Power Point,yang nunda-nunda pekerjaan sampai menit-menit terakhir,yang gasuka diatur,dan macem-macem lagi.Anggap saja kamu sedang berlatih bekerja dengan orang-orang “unik” ini.
Pinter-pinter menyikapinya aja. Kalau sama yang males, ya sering-sering aja diingetin. Kalau sama yang suka ngatur-ngatur, ya diajak omong baik-baik. Kalau sama yang suka nunda-nunda, kasih aja deadline lebih awal dari hari H. Dan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan,bikin kesepakatan bersama diawal.
2. Bagi Tugas
Yang namanya kerja kelompok, tugasnya ya dikerjakan bareng-bareng. Kalau kerja mandiri, itu namanya bukan kerja kelompok. Betul, kan?
Karena itu, membagi tugas adalah sebuah keharusan. Usahakan masing-masing anggota mendapat tugas sesuai dengan keahliannya. Misalnya, si A lebih cepat menyusun Power Point, si B lebih lancar bicara di depan kelas, mungkin kamu yang lebih mudah wira-wiri untuk photo copy, beli makanan ringan, atau yang lain karena ada kendaraan sendiri.Bukan berarti anggota kelompok yang lain enggak membantu job desc masing-masing orang, ya! Kalau cuma si B yang presentasi, apa anggota kelompok yang lain bisa dapat nilai bagus?
Setiap anggota harus mengerjakan sesuai dengan kemampuannya berdasarkan keahlian maupun ketersediaan waktu. Pastikan semua anggota memiliki pekerjaan dan tidak ada yang menganggur. Hindari juga anggota kelompok mengerjakan tugas melebihi porsi.Jika melebihi batas kemampuan, maka pekerjaan akan lama selesai atau bahkan tidak selesai sama sekali. Sebelum menyepakati keputusan bersama, diskusikan terlebih dahulu.
3. Buat aturan kelompok
4. Pilih waktu yang tepat untuk diskusi atau mengerjakan tugas
Terkadang teman kamu yang malas dan acuh ini sering beralasan jika diajak berdiskusi atau mengerjakan tugasnya. Pilihlah waktu yang tepat bagi semua anggota kelompok untuk berdiskusi atau mengerjakan tugasnya secara bersama. Meski didalam tugas kelompok kita memiliki jobdesk masing-masing. Mengerjakan tugas atau berdiskusi bersama juga perlu dilakukan. Tujuannya adalah jika ada salah satu anggota kelompok yang bingung atau kesulitan mengerjakannya kamu bisa membantunya.
Nah itu dia,cara agar kinerja dalam kelompok menjadi optimal!